Polres Sumenep Amankan Dua Truk Angkut Pupuk Subsidi

Polisi: Pupuk akan diselundupkan ke Jawa Tengah dan dijual dengan harga lebih tinggi

Foto: Bambang
banner 120x600
banner 468x60

SUMENEP, madurachannel.com- Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil gagalkan penyelundupan pupuk bersubsidi keluar kota, Rabu (15/3/2023).

Menurut Kapolres Sumenep Akbp Edo Satya Kentriko, penyelundupan pupuk bersubsidi tersebut berhasil digagalkan di Jalan Raya Sumenep Pemekasan tepatnya di Desa Sendang Kecamatan Prenduan Kabupaten Sumenep.

Foto: Bambang

Pelaku penyelundupan terdiri 3 orang yakni berinisial H dan IH sebagai sopir truk, dan pemilik barang berinisial W yang kini ditetapkan sebagai DPO.

AKBP Edo menegaskan, barang bukti pupuk dan 2 truk serta 2 sopir diamankan di Mapolres Sumenep guna penyidikan lebih lanjut.

“Jadi ini salah satu penyebab kelangkaan pupuk. Karena ada mafia pupuk yang menjual pupuk bersubsidi dari Sumenep ke Jawa Tengah. Harganya disana bisa tiga kali lipat,” terang Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko.

Kedua pelaku yakni sopir truk masih diperiksa intensif polisi. Pelaku dijerat Pasal 6 ayat 1 huruf (b) Jo Pasal 1 Ke 3 (e) Undang- Undang Darurat nomor 7 tahun 1995 tentang pengusutan, penuntutan dan peradilan tindak pidana ekonomi Sub Pasal 21 Jo Pasal 30 Peraturan Menteri Perdagangan nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian Jo Pasal 55 Ayat Ke 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun. (dik/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *