Opening Ceremony Pekan Seni Madura 8 Sanggar Lentera, The Pentahelix Of Art

SEMANGAT: Achmad Fauzi Wongsojudo SH. MH saat sambutan pada acara pembukaan Pekan Seni Madura The Pentahelix Of Art.
banner 120x600
banner 468x60

Sumenep, madurachannel.com– Opening Ceremony Pekan Seni Madura 8 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep Berlangsung meriah, bertempat di Lapangan luar GOR Ahmad Yani Kabupaten Sumenep. Jumat (31/05/24).

Diketahui acara tersebut dimeriahkan oleh Musik Tongtong Lanceng Accen, Tari Muang Sangkal UKM Sanggar Lentera, Tari Keris SMPN 1 Saronggi. Dan akan berlangsung selama dua pekan terhitung sejak 31-15 Juni 2024.

Acara yang bertajuk “Pentahelix Of Art” dihadiri oleh Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Disbudporapar, Forkopimda, Segenap Civitas Akademika STKIP PGRI Sumenep, Alumni Sanggar Lentera, punggawa Ormawa, dan Komunitas Teater se-Madura.

Menurut Ketua Umum Sanggar Lentera Andi Irawan menyampaikan, pekan seni Madura adalah agenda rutin tahunan, tepatnya merupakan program unggulan sanggar lentera yang telah di laksanakan oleh beberapa regenerasi kepengurusan sebelumnya.

“Harapan saya semoga acara ini menjadi momentum bagi kami, untuk terus bekerja sama solid saling mendukung dan saling berinovasi dalam bingkai seni dan budaya,” sampainya saat sambutan.

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sumenep Asmoni menuturkan, pekan seni Madura ini bukan semata-mata karena tampilan, sebab Sumenep identik dengan wisata, dan seni. Dirinya berharap dapat memunculkan para seniman kelasnya bukan lokal tapi minimal sudah Nasional.

“Melalui pekan seni Madura yang ke-8 ini, nantinya banyak muncul para seniman yang berasal dari Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Secara terpisah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, tujuan utama dari adanya kegiatan seni untuk mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat, bahwa seni itu penting

Karena mengandung nilai sejarah, Menjadi seniman itu tidaklah mudah. Sebab membutuhkan keseimbangan antara otak kanan dan kiri supaya bisa membuat orang lain bahagia.

“kalau seniman karyanya bagus, maka membuat sebuah nilai yang komersil, ada nilainya bisa mahal dan tidak terhingga,” tegasnya.

Kata Fauzi, seni sebagai ruang diplomasi orang yang tidak suka seni bisa suka seni, akhirnya senang dengan senimannya.

“Ya orang kalau mau bahagia maka harus suka seni, otaknya kanannya supaya aktif,” pungkasnya. (Zn/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *