Lebur Sumenep Punya Trik Menilai Akik, Ditembak!

Anggota Lebur Sumenep membidik gelas berisi akik dengan senapan Angin, Sabtu, 27/5/2023. (SJ photo)
banner 120x600
banner 468x60

SUMENEP, madurachannel.com- Para pecinta batu akik di Kabupaten Sumenep memiliki cara unik dalam mengidentifikasi kekuatan batu akik. Ratusan batu akik antri untuk diuji tembak dalam wadah gelas. Para pecinta akik yang tergabung dalam komunitas ‘Lebur’ ini meyakini, akik yang memiliki kekuatan tertentu tidak akan pecah saat diuji tembak dengan senapan angin. Seperti yang berlangsung pada Sabtu sore, bertempat di halaman Toko Kona yang menjadi tempat kumpul penghobi akik di Kota Sumenep.

(SJ photo)

“Dari 130 lebih akik, yang lolos tes tembak cuma 4 akik. Ya memang butuh gelas seratus lebih sesuai jumlah akik. Harga akik yang tidak pecah ditembak, bisa mahal. Tapi bukan itu tujuannya. Yang utama sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta batu akik,” terang Sunarto, Ketua Paguyuban Lebur Sumenep, Sabtu, 27/5/2023.

(SJ photo)

Imam, salah seorang penghobi akik mengaku senang bisa bergabung dalam komunitas batu akik. Selain menambah teman, dirinya bisa saling bertukar batu akik antar sesama penghobi.

“Ya terbantu dengan adanya komunitas ini. Ya senang lah bisa silaturahmi juga,” katanya.

Komunitas penghobi batu akik lebur menjadi satu-satunya komunitas pecinta akik di Kota Sumenep. Komunitas ini beranggotaka 300 anggota lebih yang berasal dari Sumenep daratan dan kepulauan. (feb/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *