Keutamaan Bulan Suci Ramadan, Umat Islam Harus Tahu Ini

Ach. Zainuddin

Ach Zainuddin aktivis juga penulis
banner 120x600
banner 468x60

Opini-Ramadan merupakan bulan suci yang banyak dirindukan oleh umat islam di seluruh dunia. Bulan yang dikenal dengan julukan satu bulan lebih baik dari seribu bulan yang biasanya sangat di nanti kehadiran oleh ummat islam. Pasalnya, Satu bulan lamanya umat Muslim berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Namun, lebih dari sekadar menahan lapar dan haus, Ramadan adalah momen untuk memperdalam hubungan spiritual dengan Allah, dengan perbanyak ibadah untuk mendapatkan berkah dan ridhanya.

Salah satu ibadah yang ditekankan selama bulan Ramadan adalah shalat. Sesuai dengan firman Allah swt dalam ayat suci Al Qur’an yang Artinya: “Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa: 103)

Mengingat sholat sebagai tiang agama bagi umat Islam, yang artinya apabila tiangnya mau kokoh, maka harus memperkuat dengan sholatnya. Selain itu, sholat juga dapat memperkuat hubungan antara hamba Allah dengan Sang Pencipta, merenungkan kebesaran-Nya, dan memohon ampunan serta petunjuk-Nya.

Di bulan suci Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah shalat sunnah, terutama shalat tarawih yang dilaksanakan setelah shalat Isya. Sebagaimana dalam HR. Abu Daud dan Turmudzi yang artinya “Barang siapa yang ikut melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh.”

Hadis ini menegaskan kepada kita sebagai umat Islam untuk meluangkan waktunya melaksanakan sholat taraweh berjamaah karena pahalanya memang sangatlah besar, dan tidak hanya tentang pahala tapi juga bisa membuat seseorang dapat mendapatkan ketenangan batin dan keberkahan dalam hidupnya.

Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa juga mengajarkan kesabaran, pengendalian diri, dan empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Selama berpuasa, umat Islam merasakan lapar dan haus, mengingatkan mereka akan penderitaan orang-orang yang hidup dalam kemiskinan dan kelaparan.

Oleh karena itu, Ramadan diberikan oleh Allah kepada sesama, seseorang akan merasakan kedamaian dan keberkahan dalam hatinya.

Ramadan juga merupakan waktu untuk memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran, kitab suci umat Islam. Allah SWT berfirman Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah:185)

Maka dari itu membaca, mempelajari, dan merenungkan ayat-ayat Al-Quran menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Al-Quran, seseorang dapat meraih ridha Allah dan mendapatkan petunjuk-Nya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan memperbanyak ibadah selama bulan Ramadan, seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperoleh keberkahan dalam hidupnya, dan meraih ridha-Nya. Ramadan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas spiritual dan moral seseorang. Semoga Ramadan tahun ini membawa berkah dan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan yang mulia ini.

 

*Penulis bernama Ach Zainuddin yang aktif di organisasi intra kampus menjabat sebagai sekretaris jendral LPM Retorika.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *