Bawaslu Kabupaten Sumenep, Resmikan Saka Adhyasta Pemilu

Muhammad Romli Ketua DKC Sumenep dan Hosnan Hermawan Ketua Komisioner Bawaslu.
banner 120x600
banner 468x60

Sumenep, madurachannel.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumenep, gelar peresmian Satuan Karya Pramuka atau SAKA ADHYASTA Pemilihan Umum (Pemilu). Bertempat di Hotel Azmi Sumenep. Kamis, (08/02/2024).

Diketahui, Satuan Karya merupakan satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan, dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Sedangkan, Saka Adhyasta Pemilu adalah Wadah Kedahyastaan (pengawalan) pemilu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan, dan pengawasan pemilu, guna menumbuhkan kesadaran untuk berperan serta dalam pengawasan pemilu, serta mewujudkan pemilu yang jujur dan adil sebagaimana termaktub dalam nilai-nilai kepramukaan.

Ketua Bawaslu Sumenep Achmad Zubaidi menyampaikan bahwa, peran Pramuka juga sangat menentukan masa depan bangsa. selain itu, bisa menambah wawasan, untuk mengedukasi masyarakat dalam pencegahan dan pengawasan pada pemilu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kwarcab Sumenep, yang telah bekerjasama dengan Bawaslu Sumenep, membentuk satuan karya pramuka atau Saka Adhyasta Pemilu,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa pramuka harus menjadi garda terdepan, dalam menjaga demokrasi indonesia, dan menciptakan pemilu bisa terlaksana dengan jujur, adil dan damai.

“Pramuka dikenal sebagai organisasi yang paling disiplin dan berkarakter di Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Zamzami Sabiq Wakil Ketua Kwarcab Sumenep bidang Binamuda menuturkan, bahwa nilai-nilai dalam pramuka selaras dengan apa yang ada di bawaslu, yaitu cinta tanah air bagaimana generasi muda bisa ikut serta menjaga demokrasi indonesia bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Nilai-nilai dalam Satya dan Darma Pramuka menjadi modal awal pramuka bisa menjadi pelopor dalam kejujuran,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Sumenep Muhammad Romli mengungkapkan, pentingnya ada SAKA Adhyasta Pemilu di Kabupaten Sumenep untuk memberikan bekal kepada para pramuka agar tidak buta terhadap politik.

“Selain untuk pengabdian, harapannya pramuka paham apa itu politik dan agar tidak dimakan oleh politik,” pungkasnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *